WISATA PULAU TIDUNG

Liburan dengan suasana alami dan merasakan wilayah kepulauan dengan tepi pantai yang indah adalah sebuah wisata yang tak ternila | Perusahaan Pest Control

KETUA KOMISI III: PANJA CORBY BERLEBIHAN

saco-indonesia.com, Ketua Komisi III DPR Pieter Zulkifly telah menilai usulan pembentukan panitia kerja (panja) yang menangani t | Perusahaan Pest Control

My Heart Will Go On – Celine Dion

saco-indonesia.com, Every night in my dreams I see you. I feel you. That is how I know you go on | Perusahaan Pest Control

5 Alasan Mengapa pria menyukai wanita lebih muda

Faktanya, wanita lebih cepat dewasa dibandingkan pria. Jadi, ketika pria dan wanita berada di usia yang sama, wanita telah berpikir jauh di atas pria. Tak jarang, stigma beda usia 5 tahun - pria lebih tua 5 tahun dari wanita - dianjurkan agar hubungan pernikahan jadi langgeng. Nah, berikut adalah alasan mengapa pria menyukai wanita yang berusia lebih muda darinya, seperti dilansir Boldsky. | Perusahaan Pest Control

DALIL TENTANG PERINTAH IBADAH HAJI

1. Al-Qur’an Allah SWT berfirman di dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 97, yaitu Artinya : “Padanya te | Perusahaan Pest Control
diposkan pada : 13-04-2015 13:32:36 SIKLUS-siklus-hidup-dan-jenis-plasmodium-penyebab-penyakit-malaria.jpg

Siklus Hidup Plasmodium Penyebab Penyakit Malaria - Malaria Seperti kita ketahui, penyakit malaria disebabkan oleh protozoa parasit bernama plasmodium. Plasmodium sendiri terdiri dari berbagai macam spesies, dan yang sering menjadi penyebab penyakit malaria adalah plasmodium vivax.

Plasmodium merupakan protozoa penyebab penyakit malaria yang dibawa oleh inang, dalam hal ini inangnya adalah nyamuk anopheles.

Plasmodium

Plasmodium merupakan genus parasit protozoa. Plasmodium merupakan penyebab utama penyakit malaria. Parasit ini memiliki dua inang dalam daur hidupnya, yaitu nyamuk anopheles dan inang vertebrata. Setidaknya terdapat 10 spesies plasmodium yang dapat menjangkiti dan menjadi penyebab penyakit malaria pada manusia. Spesies plasmodium lain dapat menjangkiti hewan seperti burung, reptil dan hewan pengerat seperti tikus.

Taksonomi dan Inang Plasmodium malaria

Genus plasmodium sendiri dinamakan pada tahun 1885 oleh peneliti Marchiafava dan Celli. Terdapat 175 spesies plasmodium yang diketahui hingga saat ini dan berada dalam genus. Pada tahun 2006, genus plasmodium di revisi kembali karena terbukti bahwa parasit lain dalam genus Haemocystis dan Hepatocystis berkaitan erat dengan genus Plasmodium.

Siklus Hidup Plasmodium

Pada tahun 1898 Ronald ross membuktikan keberadaan plasmodium pada kelenjar liur nyamuk culex. Atas penemuan ini dia diberikan hadiah nobel kedokteran 1902. Giovani Battista Grassi seorang peneliti italia juga membuktikan bahwa penyakit malaria pada manusia hanya bisa disebarkan oleh nyamuk Anopheles.

Daur hidup Plasmodium penyebab Malaria ada dua, yaitu:

(a) Fase di dalam tubuh nyamuk (fase sporogoni) Di dalam tubuh nyamuk ini terlihat Plasmodium melakukan reproduksi secara seksual. Pada tubuh nyamuk, spora berubah menjadi makrogamet dan mikrogamet, kemudian bersatu dan membentuk zigot yang menembus dinding usus nyamuk. Di dalam dinding usus tersebut zigot akan berubah menjadi ookinet ookista sporozoit, kemudian bergerak menuju kelenjar liur nyamuk. Sporozoit ini akan menghasilkan spora seksual yang akan masuk dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk.

(b) Fase di dalam tubuh manusia (fase skizogoni) Setelah tubuh manusia terkena gigitan nyamuk malaria, sporozoit masuk dalam darah manusia dan menuju ke sel-sel hati. Di dalam hati ini sporozoit akan membelah dan membentuk merozoit, akibatnya sel-sel hati banyak yang rusak. Selanjutnya, merozoit akan menyerang atau menginfeksi eritrosit. Di dalam eritrosit, merozoit akan membelah diri dan menghasilkan lebih banyak merozoit. Dengan demikian, ia akan menyerang atau menginfeksi pada eritrosit lainnya yang menyebabkan eritrosit menjadi rusak, pecah, dan mengeluarkan merozoit baru. Pada saat inilah dikeluarkan racun dari dalam tubuh manusia sehingga menyebabkan tubuh manusia menjadi demam. Merozoit ini dapat juga membentuk gametosit apabila terisap oleh nyamuk (pada saat menggigit) sehingga siklusnya akan terulang lagi dalam tubuh nyamuk, demikian seterusnya. Coba Anda pikirkan fase apakah yang terjadi di dalam tubuh manusia?

Nyamuk dalam genus Culex, Anopheles, Culiceta, Mansonia dan Aedes mungkin bertindak sebagai vektor. Vektor yang diketahui kini bagi malaria manusia (>100 spesies) semuanya tergolong dalam genus Anopheles. Malaria burung biasanya dibawa oleh spesies genus Culex. Siklus hidup Plasmodium diketahui oleh Ross yang menyelidiki spesies dari genus Culex. Sporozoit berpindah ke hati dan menembus hepatosit. Tahap dorman bagi sporozoit Plasmodium dalam hati dikenal sebagai hipnozoit. Dari hepatosit, parasit berkembang biak menjadi ribuan merozoit, yang kemudian menyerang sel darah merah. Di sini parasit membesar dari bentuk cincin ke bentuk trofozoit dewasa. Pada tahap skizon, parasit membelah beberapa kali untuk membentuk merozoit baru, yang meninggalkan sel darah merah dan bergerak melalui saluran darah untuk menembus sel darah merah baru. Kebanyakan merozoit mengulangi siklus ini secara terus-menerus, tetapi sebagian merozoit berubah menjadi bentuk jantan atau betina (gametosit) (juga dalam darah), yang kemudiannya diambil oleh nyamuk betina. Dalam perut tengah nyamuk, gametosit membentuk gamet dan menyuburkan satu sama lain, membentuk zigot motil yang dikenal sebagai ookinet. Ookinet menembus dan lepas dari perut tengah, kemudian membenamkan diri pada membran perut luar. Di sini mereka terbelah berkali-kali untuk menghasilkan sejumlah besar sporozoit halus memanjang. Sporozoit ini berpindah ke kelenjar liur nyamuk, di mana ia dicucuk masuk ke dalam darah inang kedua yang digigit nyamuk. Sporozoit bergerak ke hati di mana mereka mengulangi siklus ini. Dalam beberapa spesies jaringan selain hati mungkin dijangkiti. Namun hal ini tidak berlaku pada spesies yang menyerang manusia.

4 Spesies Plasmodium yang Menjangkiti Manusia

  • Plasmodium Falciparum penyebab malaria maligna atau malaria tropica
  • Plasmodium Vivax penyebab malaria tersiana benigna
  • Plasmodium Ovale penyebab malaria pernisiosa dan malaria tersiana benigna
  • Plasmodium Malariae penyebab malaria kuartana

Dari kasus-kasus tentang penyakit malaria di seluruh dunia, disimpulkan bahwa jenis plasmodium vivax yang paling sering ditemukan pada pasien yang terserang penyakit ini.  Selain itu plasmodium falciparum merupakan penyumbang kematian paling besar pada penyakit  malaria yang menyerang manusia di dunia yaitu sekitar 90%.

 
Gejala Penyakit Malaria

Gejala malaria dapat dibagi menjadi 2 bagian ditinjau dari berat-ringannya. Gejalanya yaitu sebagai berikut.

A. Gejala Penyakit Malaria Ringan (Malaria tanpa Komplikasi)

Pada penderita penyakit malaria, umumnya mengalami demam dan menggigil, sakit kepala, mual-mual, muntah, diare, terasa nyari pada otot, pegal-pegal. Pada gejala malaria ringan, dapat dibagi menjadi 3 stadium yaitu sebagai berikut:

1. Stadium dingin

Pada stadium dingin penderita merasakan dingin dan menggigil yang luar biasa, denyut nadi terasa semakin cepat namun lemah, bibir dan jari terlihat kebiruan, kulit kering, muntah-muntah yang terjadi kurang lebih 15 menit hingga 1 jam.

2. Stadium demam

Pada stadium ini penderita merasakan panas, muka merah, kulit kering, muntah dan kepala rasanya sangat sakit. Suhu tubuh biasanya mencapai 40 derajat celcius atau lebih. Kadang penderita mengalami kejang-kejang. Gejala ini berlangsung biasanya 2 hingga 4 jam lebih.

3. Stadium berkeringat 

Stadium berkeringat yaitu pengidap penyakit malaria ini selalu berkeringat, suhu tubuh dibawah rata-rata sehingga menyebabkan suhu tubuh menjadi dingin. Karena sering berkeringat, biasanya sering merasakan haus dan kondisi tubuh sangat lemah. 

B. Gejala Penyakit Malaria Berat (Malaria dengan Komplikasi)

Penderita yang masuk dalam criteria ini biasanya sangat lemah sekali. Malaria berat dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan laboratorium sendian darah tepi dan penderita juga memiliki komplikasi sebagai berikut ini. 

  • Tidak sadarkan diri kadang hingga koma
  • Sering mengigau
  • Bicara yang salah-salah (tidak terkontrol)
  • Kejang-kejang
  • Suhu tubuh sangat tinggi
  • Dehidrasi
  • Nafas cepat, sesak nafas

Cara Mencegah Penyakit Malaria

Penyakit malaria ini disebarkan oleh nyamuh sehingga kita harus menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekitar kita sehingga tidak ada nyamuk yang berkembang biak. Bila anda sedang mengujungi tempat-tempat yang terkenal sebagai timbulnya penyakit malaria, minumlah obat Klorokuin yang berfungsi untuk mencegah masuknya parasit plasmodium falciparum ke dalam tubuh.

Cara Mengobati Penyakit Malaria

1. Cara Modern

Jika terkena penyakit malaria, usahakan cepat ditangani dengan membawanya berobat ke dokter ahli penyakit malaria. Jika sudah ditangan dokter pastinya akan cepat ditangani namun bagaimana jika anda berada ditempat terpencil dan sangat jauh dari tempat dokter, anda bisa menggunakan cara traditional.

2. Cara Tradisional

Cara tradisional dapat dijadikan alternatif jika ada kendala berobat kepada dokter. Untuk pengobatan secara tradisonal sangat mudah yaitu menggunakan “Daun Pepaya”. Jangan salah, daun papaya juga sangat manjur untuk mengobati penyakit malaria. Caranya yaitu siapkan beberapa daun papaya kemudian rebus dan minum airnya 3 kali sehari. Lakukan ini secara teratur setiap hari dan yakinlah bahwa anda akan sembuh.

Artikel lainnya »

pembunuh rayap

pembunuh rayap Solusi Pengendalian hama firden yang efektif, disesuaikan untuk rumah dan kategori bisnis anda KAMI LEBIH DARI PERUSAHAAN PENYEDIA LAYANAN PEST CONTROL. LAYANAN SURVEY GRATIS Berikan informasi yang selengkapnya sehingga mempermudah team pest control kami menghubungi Anda untuk memberikan solusi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini pembunuh rayap

Pengendalian Hama Rayap Pangkal pinang

Pengendalian Hama Rayap Pangkal pinang Hubungi : 0877-8866-7750 Sebagai salah satu perusahaan jasa Pengendalian Hama, mulai serangga, tikus dan rayap terbaik di Indonesia, Firden Pest Control memberikan solusi terbaik untuk melindungi keluarga dan pelanggan Anda dengan layanan Firden Pest Management Pengendalian Hama Rayap Pangkal pinang